Batu Kapur adalah


Batu kapurIstilah kapur seperti nya tidak asing lagi di telinga kita. Kapur tulis, sebelum ada white board dulu kapur digunakan sebagai bahan mengajar disekolah. Kapur sirih, yang biasa digunakan sebagai bahan makanan bersama sirih. Kapur sebagai bahan makanan juga banyak digunakan dalam industri rumah tangga. Ada juga Batu kapur, Tanah Kapur. Berikut akan di jelaskan tentang istilah-istilah kapur tersebut.

 
Batu kapur adalah sebuah batuan sedimen yang memiliki nama lain batu gamping yang terdiri dari mineral calcite atau kalsium karbonate. Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk karena adanya pengendapan zat hasil erosi. Jadi, sebenarnya batuan kapur berasal dari batuan yang sudah ada, baik itu batuan beku, batuan metamorf atau batuan sedimen lain yang mengalami pelapukan , tererosi dan terbawa pergi lalu di endapkan ke tempat lain.
Batu kapur biasanya terbentuk di laut dengan keadaan bebatuan yang memiliki lempengan kalsium plates (coccoliths) yang dibentuk oleh mikroorganisme coccolithophores. Rumus kimia batu kapur adalah CaCO3. Dengan pengolahan dan proses kimia tertentu batu kapur dapat di olah dan memiliki banyak kegunaan kapur yang dapat di manfaatkan di berbagai industri.

 

Adapun manfaat kapur antara lain :

  1. 1. Fungsi kapur yang pertama adalah sebagai bahan bangunan. Untuk bahan bangunan kapur berfungsi sebagai plester, sebagai adukan pasangan bata, serta pembuatan semen tras atau semen merah.
  2. Kapur juga berfungsi sebagai bahan penstabilan jalan raya. Kapur digunakan untuk pengokohan fondasi jalan raya, dan juga rawa. Disini kapur digunakan untuk mengurangi plastisitas, atau mengurangi penyusutan dan pemuaian fondasi jalan raya.
  3. Sementara itu dalam industri pertanian kapur berfungsi sebagai penyeimbang/penetral PH tanah sehingga tanah subur.Tidak jauh berbeda dengan fungsi dalam industri pertanian, kapur juga berfungsi sebagai penetral PH dalam proses “tambang emas“.
  4. Di Indonesia sendiri pertambangan batu kapur tersebar luas. Dan industri kapur banyak berkembang di daerah Jawa.
Summary
Istilah kapur seperti nya tidak asing lagi di telinga kita. Kapur tulis, sebelum ada white board dulu kapur digunakan sebagai bahan mengajar disekolah. Kapur sirih, yang biasa digunakan sebagai bahan makanan bersama sirih. Kapur sebagai bahan makanan juga banyak digunakan dalam industri rumah tangga. Ada juga Batu kapur, Tanah Kapur. Berikut akan di jelaskan tentang…


Leave a Reply