Berbagai Macam Jenis Emas


Berbagai Macam Jenis EmasAtom-atom penyusun emas terikat sangat kuat yang sangat mudah dipatahkan, dibengkokan, dan diputuskan. Dalam hal ini emas merupakan unsur yang sangat lunak yang memiliki kemurnian (24k). Alloi merupakan cara yang banyak digunakan dalam mencampur emas dengan logam lain. Dilebur (dilelehkan emasnya) dan ditambahkan lelehan unsur logam maupun non logam dan terbentuk alloi dan yang menjadi logam induknya adalah emas. Dan emaspun sering dilapisi pada logam-logam lain dengan cara elektrokimia yang disebut penyepuhan atau elektoplating.

 
Yang mana jenis-jenis emas terdiri dari :

  1. Emas Putih (18k)
    Emas putih (white gold) merupakan salah satu alloi emas yang banyak digunakan sebagai perhiasan.
  2. Emas Ungu
    Emas ungu atau emas lembayung merupakan alloi antara emas dengan aluminium.
  3. Emas Biru
    Emas biru merupakan alloi antara emas dengan indium.
  4. Emas Hitam
    Emas hitam dapat diperoleh dengan cara melapisi emas dengan rhodium hitam atau ruthenium kemudian alloi antara emas dan kobalt atau kromium.

 
Dalam proses (penambangan emas) ini ada segi positif dan negatif yakni segi positifnya adalah terciptanya lapangan pekerjaan dan dapat menambah devisa negara. Penambangan emas (tambang emas) memerlukan tenaga kerja yang banyak, dalam hal ini proses pertambangan dapat membantu penghasilan masyarakat sekitar. Dan hal ini tentu berlaku juga untuk penambangan emas yang dilakukan secara liar. Selain memberikan lapangan pekerjaan dapat pula menambah devisa negara dan proses pertambangan ini pun dikenakan pajak yang besar.

 
Dan ada pula segi negatifnya yang mana dampaknya sangat serius yakni masalah pencemaran lingkungan. Tambang emas yang dikelola pemerintah dan perusahaan asing, serta tambang emas rakyat pun sama-sama menggunakan bahan kimia yang berbahaya selain mengganggu dan merusak ekosistem dapat pula mengganggu kesehatan manusia sendiri. Keberadaan tambang emas dapat pula mengganggu proses kegiatan belajar anak-anak jika tidak dikontrol dengan cermat. Dengan adanya tambang emas secara liar maka anak-anak lebih memilih untuk menambang emas dari pada harus melangkah ke sekolah.

 
Hal ini dikarenakan pertambangan emas masih menggunakan raksa pada saat pengolahan bijih emas yang mana raksa yang digunakan dalam air yang terbawa arus yang sukar terurai yang menyebabkan senyawaan ini masuk kedalam rantai makanan. Perusahaan pun masih membuang hasil limbah langsung ke pembuangan tanpa diolah terlebih dahulu. Hal ini yang berbahaya dikarenakan raksa yang masih bersifat toksit.

 
Jadi dalam hal ini harus diperhatikan yang terbaik untuk lingkungan sekitar, kesehatan, sehingga tidak terjadi pencemaran lingkungan dan juga solusi yang terbaik yang mana pertambangan emas harus ramah lingkungan, sekarang teknologi sudah canggih dan dalam proses pengolahan (pertambangan) ada bahan-bahan yang aman digunakan dan prosesnya pun ramah lingkungan.

Summary
Atom-atom penyusun emas terikat sangat kuat yang sangat mudah dipatahkan, dibengkokan, dan diputuskan. Dalam hal ini emas merupakan unsur yang sangat lunak yang memiliki kemurnian (24k). Alloi merupakan cara yang banyak digunakan dalam mencampur emas dengan logam lain. Dilebur (dilelehkan emasnya) dan ditambahkan lelehan unsur logam maupun non logam dan terbentuk alloi dan yang menjadi…


Leave a Reply