Caustic Soda Adalah


karbon aktif murahCaustic soda yang dalam bahasa Indonesia adalah soda caustic atau soda api memiliki nama kimia Natrium Hidroksida merupakan zat kimia yang dihasilkan dari sel elektrolitik. Sel elektrolisis memiliki 3 jenis sel yaitu diafragma, merkuri dan membran. Sementara itu bahan baku dari pembuatan caustic soda antara lain garam, air dan listrik. Caustic soda bersifat basa, tidak berbau dan tidak berwarna, sangat korosif dan reaktif. Caustic soda juga gampang bereaksi dengan logam lainnya seperti alumunium, magnesium, seng, timah, kromium, perunggu, kuningan, tembaga, yang mengandung logam lainnya.

 
Dalam berbagai bidang industri caustic soda merupakan salah satu bahan baku penting dalam proses kimia. Berikut adalah kegunaan Caustic Soda :

  1. Fungsi caustic soda yang paling berperan adalah dalam industri pulp atau kertas. Penggunaan caustic soda dalam industri kertas bukan hanya di Indonesia tapi seluruh dunia bergantung pada senyawa kimia satu ini. Caustic soda akan digunakan pada proses pulping dan bleaching. Dan digunakan juga dalam proses daur ulang kertas bekas.
  2. Caustic soda juga digunakan dalam industri tekstil pada pemrosesan kapas dan pewarnaan serat sintetik.
  3. Caustik soda juga sangat berperan dalam pembuatan sabun dan deterjen. Senyawa kimia satu ini digunakan dalam reaksi saponifikasi yang dimaksud reaksi saponifikasi adalah reaksi alih bentuk minyak nabati menjadi sabun.
  4. Sementara itu dalam industri migas (minyak dan gas), caustic soda berfungsi untuk menghilangkan bau yang berasal dari Hidrogen sulfida atau Mercaptan.
  5. Caustic soda berfungsi menghancurkan bijih baksit dalam pembuatan aluminium.
  6. Caustic soda juga digunakan dalam industri kimia seperti pelarut, kain sintetik, zat pewarna , cat, tinta dan lain-lain.
  7. Caustic soda juga digunakan dalam industri rumah tangga seperti pembersih botol minuman.
  8. Caustic soda juga berfungsi untuk membersihkan saluran cuci bahkan toiler yang buntu atau mampet.
  9. Caustic soda juga sangat berperan penting dalam pengolahan emas tambang emas.

 

“Harga caustic soda” pun beragam-ragam. Persaingan pasar membuat produsen berlomba dalam mencari konsumen termasuk harga caustic soda yang lebih murah untuk menarik pelanggan.

Summary
Caustic soda yang dalam bahasa Indonesia adalah soda caustic atau soda api memiliki nama kimia Natrium Hidroksida merupakan zat kimia yang dihasilkan dari sel elektrolitik. Sel elektrolisis memiliki 3 jenis sel yaitu diafragma, merkuri dan membran. Sementara itu bahan baku dari pembuatan caustic soda antara lain garam, air dan listrik. Caustic soda bersifat basa, tidak…


Leave a Reply