Karbon Aktif Adalah


karbon aktif tambang emasKarbon aktif adalah senyawa hitam yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan. Karbon aktif terbuat dari bahan dasar batok kelapa atau tempurung kelapa. Oleh sebab itu banyak juga yang menyebut karbon aktif dengan nama arang aktif.

 
Di Indonesia sendiri produsen karbon aktif banyak terdapat di daerah Sumatera. Kebanyakan karbon yang akitf yang berada di Pulau Jawa berasal dari Pulau Sumatera. Jadi untuk produsen/pembuat karbon aktif di Indonesia boleh dikatakan masih sedikit sementara bahan untuk pembuatannya sangat tersedia di negeri ini. Tidak heran industri ini mulai di gemari mengingat banyaknya dan meningkatnya kebutuhan akan karbon aktif.

 
Dengan banyak nya merk karbon aktif yang beredar di pasaran, membuat konsumen harus lebih jeli dalam memilih karbon aktif. Pastikan karbon aktif yang anda pilih memang benar-benar berkualitas baik. Karbon aktif yang baik adalah karbon yang tingkat kekerasannya hingga 99%. Karena dengan semakin tinggi nilai kekerasannya maka karbon semakin kuat adi tidak gampang pecah. Dan perhatikan juga untuk daya serap karbon. Karbon aktif yang memiliki daya serap tinggi adalah yang terbaik.

 
Karbon aktif digunakan hampir di seluruh bidang industri. Dari minuman hingga industri pertambangan. Dalam industri minuman karbon aktif digunakan pada minuman bersoda dan juga digunakan pada depot-depot isi ulang sebagai penyaring penjernihan air. Pada bidang kesehatan karbon aktif digunakan sebagai penetralisir zat kimia beracun. Limbah rumah sakit mengandung bahan kimia berbahaya, karbon aktif digunakan agar limbah tersebut aman bagi lingkungan.

 
Karbon aktif juga digunakan untuk membuat warna gula yang kuning menjadi putih. Bahkan karbon aktif bisa membuat air laut menjadi tawar. Karbon aktif juga bisa digunakan sebagai pembersih udara. Dan dalam industri “tambang emas” karbon aktif digunakan untuk menyaring emas. Dan banyak lagi fungsi karbon aktif lainnya.

Summary
Karbon aktif adalah senyawa hitam yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan. Karbon aktif terbuat dari bahan dasar batok kelapa atau tempurung kelapa. Oleh sebab itu banyak juga yang menyebut karbon aktif dengan nama arang aktif.   Di Indonesia sendiri produsen karbon aktif banyak terdapat di daerah Sumatera. Kebanyakan karbon yang akitf yang berada di Pulau…


Leave a Reply