3 Lokasi Tambang Emas di Gorontalo


3 Lokasi Tambang Emas di GorontaloLokasi Tambang Emas di Gorontalo – Gorontalo, adalah sebuah provinsi yang terletak pada pulau Sulawesi bagian Utara, sebelumnya merupakan kabupaten dari wilayah Sulawesi utara, dahulu kala gorontalo dikenal dengan “Kota Serambi Madinah”. Provinsi ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, hasil perhutanan sangat terkenal dengan penghasil rotan dan jati. Dalam bidang perkebunan gorontalo sebagai penghasil kelapa dan kopi, dan potensi dalam sektor perikanan dan kelautan yang berluas 79,6 km. Tidak lupa, dalam sektor pertambangan Gorontalo menjadi daerah penghasil perak, emas, granit, dan tembaga yang baik.

 

Bicara tentang tambang, gorontalo dikenal menjadi salah satu daerah penghasil emas terbaik di Wilayah Indonesia bagian Timur, potensi emas yang berada pada daerah ini lumayan tinggi yaitu dengan kandungan 77 s/d 89%. Potensi ini ditemukan hampir diseluruh kecamatan gorontalo dengan kadar yang berbeda-beda.

 

Tapi apakah Anda tau dimana saja lokasi tambang emas gorontalo berada. Akan saya rangkum detail tentang lokasi tambang emas di gorontalo secara lengkap, berikut ini adalah lokasi dan penjelasan singkatnya:

 

Lokasi Tambang Emas di Gorontalo

 

1. Desa Dunu

Lokasi pertama yaitu Desa Dunu yang berada di Kecamatan Monano, tambang emas yang dikelola oleh PT Makale Toraja Mining dan juga diolah Warga setempat dengan cara tradisional. Kabarnya lokasi pengolahan hasil tambang emas di Kecamatan Monano ini tidak sesuai dengan kordinatnya, itu yang menyebabkan sangat sulit untuk di temukan. Namun pada waktu lalu lokasi tambang emas ini telah ditutup oleh Pemerintah setempat dan izin PT Makale Toraja Mining telah dicabut.

 

2. Gunung Pani

Lokasi kedua berada pada Gunung Pani Kabupaten Pohuwato, kabarnya lokasi ini akan dibuka secara legal oleh PT Puncak Emas Gorontalo (PEG) yaitu anak dari PT J-Resources Asia Pasifik Tbk. Menurutnya mereka akan memulai proses pertambangan pada tahun 2016 ini. Saat ini mereka sedang melakukan eksplorasi pada lokasi tambang emas gorontalo yang berada di Gunung Pani ini, setelah selesai selanjutnya mereka akan melakukan studi kelayakan.

Kabarnya Lahan garapan ini dimiliki oleh Koperasi Unit Desa (KUD) yang berlokasi di sekitah gunung Pani dangan luas lehan lebih dari 100 hektar. MEnurutnya luas lokasi pertambangan emas tersebut bakal menghasilkan emas sebesar 100.000 ounce per tahun.

 

3. Kabupaten Bone Bolango

Lokasi terakhir berada pada kabupaten Bone, lokasi tambang ini tepatnya berada pada kompleks sungai mak seluas 20,000 hektar. Diketahui bahwa pada lokasi ini terdapat berbagai macam sumber daya mineral yaitu tembada, perak dan emas. Pertambangan pada lokasi ini di rintis oleh PT Gorontalo Mineral dan saat ini masih belum memiliki syarat yang lengkap untuk melakukan penambangan.

 

Terlepas dari itu warga yang mendengar kabar tersebut berbondong-bondong melakukan penambangan pada aliran sungai ini, kabar baiknya saat di dulang banyak ditemukan bijih emas dan logam lainnya pada daerah tersebut. Sampai Syatrat pertambangan PT Gorontalo Mineral keluar, penambang emas rakyat Bone Bolango akan terus melakukan kegiatannya.

 

Dengan ini telah selesai saya tulis artikel tentang 3 Lokasi Tambang Emas di Gorontalo, semoga dengan apa yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda, lebih dan kurang saya mohon maaf dan terima kasih…

Summary
Lokasi Tambang Emas di Gorontalo – Gorontalo, adalah sebuah provinsi yang terletak pada pulau Sulawesi bagian Utara, sebelumnya merupakan kabupaten dari wilayah Sulawesi utara, dahulu kala gorontalo dikenal dengan "Kota Serambi Madinah". Provinsi ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, hasil perhutanan sangat terkenal dengan penghasil rotan dan jati. Dalam bidang perkebunan gorontalo sebagai penghasil…


Leave a Reply