Mengolah Emas Dengan Sistem Tong


emasSalah satu cara dalam pengelolaan emas adalah dengan menggunakan Tong atau dikenal dengan sistem tong. Sebenarnya banyak para penambang yang rugi ketika menggunakan sistem tong. Kesalahan bukan terjadi pada sistem tong nya, tapi para penambang yang kurang hati-hati dalam memilih lahan tambang yang akan digarapnya. Telitilah terlebih dahulu tanah atau lumpur yang akan di garap dengan sistem tong. Pastikan bahwa batuan atau lumpur yang akan di olah mengandung emas atau tidak. Kalau tidak, untuk apa di olah.
Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa penambang memiliki ilmu untuk mengolah tambang emas dan yakin dengan kemampuan yang dimilikinya dalam menambang emas. Karena mengelola tambang emas memerlukan uang yang tidak sedikit. Jangan sampai dengan banyak uang yang dikeluarkan mendapatkan hasil yang jauh dari standar. Selain itu ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan (sistem pengolahan trombol atau gulungan) adalah sebagai berikut:

  1. Teliti terlebih dahulu kandungan bijih emas dalam batuan jika kandungan emas hanya sedikit akan memboroskan waktu.
  2. Kedudukan trombol jangan sampai miring sebab jika miring air raksa tidak bisa menangkap secara keseluruhan.
  3. Gunakan air raksa yang baik kualitasnya. Pastikan air raksa yang digunakan baik. Karena banyak penjual yang menjual air raksa yang sudah di oplos. Air raksa oplosan dapat mengurangi daya serap sehingga emas yang diperoleh tidak maksimal.
  4. Lakukan 1 banding 1, misalnya seandainya pasir batuan 1 gayung maka air yang diberi juga 1 gayung, kemudian setelah 4 jam baru tambahkan air 1 gayung secara bersamaan.
  5. Sebaiknya menggunakan kain parasit saat memeras air raksa.

 

Pengolahan emas jika dilakukan dengan tepat dan menggunakan “bahan tambang” yang berkualitas baik serta pemahaman penambang akan pengolahan emas dapat membuat tambang emas yang dikelola berkembang dengan baik dan mendapat keuntungan sesuai yang diharapkan. Sukses selalu untuk seluruh pekerja tambang indonesia.

Summary
Salah satu cara dalam pengelolaan emas adalah dengan menggunakan Tong atau dikenal dengan sistem tong. Sebenarnya banyak para penambang yang rugi ketika menggunakan sistem tong. Kesalahan bukan terjadi pada sistem tong nya, tapi para penambang yang kurang hati-hati dalam memilih lahan tambang yang akan digarapnya. Telitilah terlebih dahulu tanah atau lumpur yang akan di garap…


Leave a Reply