Pengolahan Emas Dengan Sianida


Pengolahan Emas Dengan SianidaPengolahan emas dengan menggunakan sianida atau lebih di kenal dengan sianidasi atau leaching sianida adalah proses pelarutan / pelindian selektif dengan sianida dan hanya logam-logam tertentu saja yang bisa larut , contohnya Au, Ag, Cu, Zn, Cd, Co, dan lain sebagainya. Pelendian selektif adalah korosi yang mana salah satu unsur prefentially di hapus sehingga akan meninggalkan resida yang membuatnya sering berpori) komponen yang lebih tahan terhadapnya daerah tertentu).

Pengolahan emas dengan menggunakan “sianida” pertama kali dilakukan oleh John Stewart Mac Arthur yang di biayai oleh Dr. Robert dan Dr. William forrest, di Glasgow, Scotland 1887. Dan ekstaksi biji emas dengan menggunakan sianida ini merupakan proses paling ekonomis yang telah diterapkan dari berbagai industri pengolahan emas di dunia. Metode leaching sianida ada beberapa tahapan diantaranya :

1. Heap Leaching (Pelindian tumpukan).

Heap Leaching merupakan metode dalam pengolahan emas dengan biaya yang minim dan bisa untuk emas dengan kadar kandungan tinggi maupun rendah. Metode ini dengan cara tumpukan batuan emas yang sudah di campur dengan kapur di siram dengan larutan sianida menggunakan sprinkler. Setelah itu air yang mengalir pada dasar ditumpukan ditampung untuk dilanjutkan ke proses selanjutnya.

2. VAT Leaching (Pelindian rendaman).

Pada metode ini sebenarnya hampir sama saja dengan metode yang pertama. Biji emas namun untuk metode ini diameter bijih emas nya lebih baik besar dari 5 cm yang telah dicampur dengan batu kapur direndam dengan larutan sianida di dalam bak kedap. Lalu lari lindian yang dihasilkan di kumpulkan untuk proses selanjutnya. Proses ini berlangsung 3-7 hari.

3. Agitated Tank Leaching (Pelindian adukan).

Pada metode ini pelindian emas yang dilakukan hampir sama dengan proses vat leaching namun kali ini menggunakan tangki dan diaerasi dengan gelembung udara. Dan biasanya pengadukan berlangsung selama 24 s/d 72 jam. Setelah selesai tangki dikosongkan untuk pengolahan biji yang baru.

Summary
Pengolahan emas dengan menggunakan sianida atau lebih di kenal dengan sianidasi atau leaching sianida adalah proses pelarutan / pelindian selektif dengan sianida dan hanya logam-logam tertentu saja yang bisa larut , contohnya Au, Ag, Cu, Zn, Cd, Co, dan lain sebagainya. Pelendian selektif adalah korosi yang mana salah satu unsur prefentially di hapus sehingga akan…


Leave a Reply