Proses Pengolahan Tambang Emas Rakyat


Proses Pengolahan Tambang Emas RakyatTambang emas rakyat merupakan tambang emas yang dikelola oleh masyarakat yang mana dalam proses pengolahan emas dilakukan dalam skala kecil. Kegiatan tambang emas ini sudah dimulai sejak zaman Belanda. Menambang emas adalah sebuah kegiatan yang dilakukan atau dilaksanakan dalam rangka untuk mendapatkan emas dari tanah, batu, lumpur, atau material lainnya yang mengandung logam mulia (au).

 
Dalam proses pengolahan tambang emas begitu banyak cara dan teknik yang dapat digunakan penambang saat ini khususnya tambang emas rakyat baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Saat ini usaha tambang emas umumnya banyak menggunakan berbagai macam cara atau proses yang mana prosesnya tidaklah sulit ada yang langsung dijual tanpa diolah dulu dan adapula yang melalui beberapa tahap atau proses pengolahan.

 
Adapun tahap-tahap atau proses pengolahan yang umum dilakukan pada saat sekarang adalah :
1. Penggalian lubang tambang.
2. Penggilingan batu emas yang lebih dikenal dengan nama ” gelundungan”.
3. Pengolahan lumpur atau yang lebih dikenal dengan nama ampas/limbah gelundung (tromol).
4. Sistem tong dengan cara sianidasi.

 
Dan ada beberapa bagian pula bahan-bahan yang diperlukan dalam proses pengolahan tambang emas diantaranya adalah :

  1. Karbon Aktif (arang aktif)
    Adalah karbon yang telah melalui beberapa proses dan telah bercampur dengan senyawa lain sehingga pori-porinya terbuka dan memiliki daya serap tinggi. Karbon aktif berguna untuk menyaring atau memisahkan emas dari lumpur dan ampas. Semakin tinggi tingkat kekerasan karbon maka semakin baik.
  2. Causatic Soda / Natrium Hidroksida (NaOh)
    Adalah bahan kimia yang multifungsi yang berperan penting dalam industri kertas dan pulp, serta tambang emas. Pada tambang emas causatic soda berfungsi untuk menaikkan kadar emas pada tahap pembersihan emas.
  3. Kapur
    Merupakan senyawa putih yang dapat menyebabkan PH. Selain tambang emas kapur juga digunakan untuk bahan pertanian dan bangunan.

 
Selain dari bahan-bahan yang diperlukan adapula yang harus diperhatikan yakni alat-alat yang digunakan dalam proses pengolahan emas yang terdiri dari :

  1. Mangkuk Kowi
    Mangkuk yang digunakan untuk memisahkan emas.
  2. Ph Digital
    Alat yang digunakan pada tambang emas yang berguna untuk mengukur PH pada proses tong cyanida. Ph yang baik pada proses ini adalah 10 – 11.
  3. Timbangan Emas
  4. Dll

 
Dalam beberapa tahap diatas kami PT. KARKOON GROUP menyediakan dan menjual bahan-bahan serta alat-alat yang digunakan untuk proses pengolahan tambang emas yang mana produk kami telah teruji kualitasnya. Dan di beberapa daerah telah menggunakan produk ini yakni karbon aktif Black Diamond.

Summary
Tambang emas rakyat merupakan tambang emas yang dikelola oleh masyarakat yang mana dalam proses pengolahan emas dilakukan dalam skala kecil. Kegiatan tambang emas ini sudah dimulai sejak zaman Belanda. Menambang emas adalah sebuah kegiatan yang dilakukan atau dilaksanakan dalam rangka untuk mendapatkan emas dari tanah, batu, lumpur, atau material lainnya yang mengandung logam mulia (au).…


Leave a Reply