Tambang Emas di Indonesia


Tambang Emas di IndonesiaEmas adalah jenis bahan tambang yang cukup banyak dan tersebar diseluruh pelosok daerah. Dan emaspun memiliki nilai jual sangat tinggi dipasar perdagangan dunia. Emaspun memiliki investasi tinggi jika perdagangan emas dalam jumlah yang cukup besar. Negara-negara pengekspor emas memberikan kontribusi yang cukup besar bagi negara yakni devisa yang merupakan pemasukan kas negara.

 

Tambang emas di Indonesia memiliki berbagai macam jenis tambang yang terbagi di seluruh penjuru Indonesia (seluruh pelosok daerah). Adapun jenis-jenis tambang yang dimiliki Indonesia yang terdiri dari :

  1. Minyak Bumi
  2. Gas Alam
  3. Emas
  4. Batu Bara
  5. Bijih Besi
  6. Aspal

 

Emas tidak ditemukan pada lapisan tanah yang cukup dalam dari permukaan bumi (permukaan tanah) melainkan emas dapat ditemukan di permukaan tanah, daerah aliran sungai yang berisi endapan-endapan mineral, bahkan di daerah hilir sungai yang merupakan akhir dari aliran sungai yang mana tempat berkumpulnya endapan-endapan mineral.

 
Jenis mineral yang banyak manfaat adalah emas. Dan jenis mineral ini sangat banyak manfaatnya yakni digunakan sebagai bahan konduktor pengantar panas di beberapa jenis alat elektronik. Satu lagi manfaat yang utama adalah sebagai bahan perhiasan kalung, emas, cincin dan lain sebagainya. Jadi sangat banyak sekali manfaat emas bagi kehidupan manusia. Pencarian emas berlangsung pada permukaan tanah atau di daerah aliran sungai yang tidaklah sulit dalam proses pencariannya dengan menggunakan alat-alat sederhana. Teknik pencarian dan pengolahan limbahnya pun sangat sederhana.

 
Dalam pencarian emas yang memiliki lapisan tanah dengan kedalaman tertentu membutuhkan alat teknologi dan teknik pencarian yang sulit. Yang mana sebelum melaksanakan pencarian, kegiatan yang perlu diperhatikan adalah survey lokasi untuk mengetahui jumlah ketersediaan emas, posisi (letak emas) serta kedalaman emas dari permukaan tanah. Jadi daerah yang memiliki ketersediaan emas harus menjadi basis atau sumber pencarian dan pengolahan limbah hasil eksplorasi emas. Maka akan terjadilah proses dan pengolahan kegiatan penambang emas.

 
Daerah pegunungan Jayawijaya yang berpropinsi di Papua Barat merupakan daerah tambang emas dengan jumlah kandungan emas yang sangat besar. Dan daerah ini memiliki satu tempat tambang emas yaitu tambang emas Grasberg. Tambang emas ini pun (Tambang Grasberg) adalah tambang emas terbesar di dunia. Tambang ini berada di propinsi Papua di Indonesia. Selain propinsi Papua di Indonesia adalagi propinsi ataupun daerah yang memiliki tambang emas yang tersebar di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan.

Summary
Emas adalah jenis bahan tambang yang cukup banyak dan tersebar diseluruh pelosok daerah. Dan emaspun memiliki nilai jual sangat tinggi dipasar perdagangan dunia. Emaspun memiliki investasi tinggi jika perdagangan emas dalam jumlah yang cukup besar. Negara-negara pengekspor emas memberikan kontribusi yang cukup besar bagi negara yakni devisa yang merupakan pemasukan kas negara.   Tambang emas…


Leave a Reply