Tambang Emas Terbesar di Papua


Tambang Emas PapuaDalam membahas kekayaan alam Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Semua tanah yang ada di bumi ini merupakan harta yang tak ternilai harganya. Hal ini terlihat dari hasil pertanian, pertambangan, perkebunan, dan letaknya sangat strategis. Dengan kekayaan yang ada seharusnya negara kita berada di urutan pertama untuk kemakmuran rakyatnya. Akan Tetapi pada kenyataan yang ada kita tidak bisa mengolah semua kekayaan alam yang melimpah ruah ini dengan baik dan benar.
Yang mana kekayaan alam kita ini banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan kepentingan beberapa pihak saja dan kurangnya kesadaran dari masyarakat yang membuat kekayaan alam negeri ini dinikmati pula oleh negara lain sehingga rakyatlah yang terkena imbasnya. Tambang emas Freeport yang berada di daerah Papua sangat dikenal diseluruh pelosok daerah dan dunia.

 

Pertambangan emas terbesar di dunia ini ternyata biaya operasionalnya dan proses pengolahan sangat murah dan mudah namun keuntungan yang didapatkan luar biasa banyaknya berkali-kali lipat yang didapatkan. Akan tetapi hasil yang banyak didapat hanya dinikmati oleh beberapa pihak saja dan pihak luar. Mereka menikmati hidup mewah dan berlebihan, tanpa memikirkan generasi muda masa depan yang mana menanggung dampaknya karena sumber daya alam di negeri ini yang sudah habis terkuras.

 
Papua sangat terkenal dengan emasnya. Freeport merupakan salah satu perusahaan tambang emas terbesar yang menduduki pegunungan emas di Papua. Dan gunung emas di Papua diberi julukan ladang uang, yang mana emas dan tembaga adalah hasil tambang yang tersimpan disapa. Kegiatan pertambangan emas di Papua ini dari kontroversial, hal ini dikarenakan dituding mencemari lingkungan dan menguras habis kekayaan alam yang melimpah ruah ini namun pada kenyataan yang ada hanya sedikit dampak yang diberikan di daerah sekitar pertambangan yang mana menderita kemiskinan.

 
Kontroversi ini tidak hanya sampai disitu saja karena masih ada serangkaian peristiwa berdarah yang terjadi sejak tahun 2009. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengambil alih tambang emas ini namun masyarakat setempat berasumsi sudah terlambat. Pertambangan Freeport dianggap eksploitasi asing di Indonesia. Selain dari tambang emas Freeport masih ada satu lagi tambang emas besar lainnya, yang bernama ” Tambang Emas Degeuwo ” . Dengan adanya dua pertambangan emas di Papua semoga saja hasil tambang dan kekayaan alam ini dapat dikelola dan dinikmati oleh anak bangsa yakni generasi muda dan dinikmati juga sampai ke anak cucu kita nantinya dan bukan hanya dinikmati oleh negara lain saja.

Summary
Dalam membahas kekayaan alam Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Semua tanah yang ada di bumi ini merupakan harta yang tak ternilai harganya. Hal ini terlihat dari hasil pertanian, pertambangan, perkebunan, dan letaknya sangat strategis. Dengan kekayaan yang ada seharusnya negara kita berada di urutan pertama untuk kemakmuran rakyatnya. Akan Tetapi pada kenyataan yang ada…


Leave a Reply