Tambang Emas Rakyat


tambang rakyatTambang emas rakyat istilah yang tidak asing lagi di dunia tambang Indonesia. Tambang rakyat yang masih menjadi pro dan kontra antara pemerintah dan pekerja tambang itu sendiri. Entah kapan masalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Dengan alasan pencemaran lingkungan dan pengrusakan lingkungan membuat pekerja tambang rakyat ini kucing-kucingan dengan para penegak hukum setempat. Para pekerja tambang rakyat pun tidak mau kalah, mereka perlu mencari nafkah untuk keluarga mereka menjadi alasan yang sangat kuat untuk tetap bertahan di pekerjaan ini.

 
Masyarakat umum pun terpecah kedalam kubu pro dan kontra dalam masalah tambang emas rakyat ini. Sebagian masyarakat beranggapan tambang emas rakyat sangat tidak baik untuk lingkungan. Karena biasanya setelah tambang emas habis atau tambang sudah tidak digunakan lagi untuk proses “pengolahan emas”, tambang akan ditinggalkan dan dibiarkan seperti itu saja. Tambang di tinggalkan dengan kondisi lingkungan yang tercemar. Tanah dan air sungai yang banyak tercemar akibat bahan kimia dari industri limbah tambang. Lubang-lubang terbuka yang dibiarkan begitu saja tanpa ada perbaikan dari pekerja tambang. Di samping masalah lingkungan masalah keselamatan pekerja tambang rakyat sangat dipertaruhkan. Selalu ada pekerja tambang rakyat yang tewas ketika mencari emas. Baik itu tertimpa batu sampai kekurangan oksigen ketika mencari emas di dalam lubang.

 
Namun sebagian masyarakat lainnya beranggapan, tambang emas rakyat adalah tujuan untuk raykat. Dari pada kekayaan alam ini selalu banyak dinikmati oleh warga asing tidak ada salah nya rakyat ini yang mengolahnya. Selain itu mereka juga beranggapan bahwa itulah mata pencaharian mereka.

 
Terlepas dari pro dan kontra ini, seharusnya pemerintah daerah juga lebih jeli lagi memahami keadaan masyarakat sekitar tentang keberadaan tambang rakyat ini. Bagaimana dengan mata pencaharian pekerja tambang tersebut tidak ada salahnya menjadi pertimbangan bagi pemerintah. Kini ada beberapa daerah yang sudah mulai melegalkan tambang emas rakyat. Dan bahkan pemerintah juga ikut andil dalam memperhatikan pekerjaan tambang ini. Disisi lain kelestarian lingkungan juga harus diperhatikan oleh pekerja tambang. Kerja sama yang baik antara setiap pihak sangat baik untuk kemajuan bangsa ini.

Summary
Tambang emas rakyat istilah yang tidak asing lagi di dunia tambang Indonesia. Tambang rakyat yang masih menjadi pro dan kontra antara pemerintah dan pekerja tambang itu sendiri. Entah kapan masalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Dengan alasan pencemaran lingkungan dan pengrusakan lingkungan membuat pekerja tambang rakyat ini kucing-kucingan dengan para penegak hukum setempat. Para pekerja…


Leave a Reply