Lokasi Tambang Emas Dongi-dongi

Lokasi Tambang Emas Dongi – dongi – Awal sejarah tambang emas Dongi-dongi yang berada di Kec. Lore Utara, Kab. Poso dikuasai oleh 14 perusahaan besar sebagai penambang. Tetapi pada bulan Maret 2016, semua perusahaan penambang berhasil ditutup, meski telah memberi kesempatan lapangan kerja baru untuk warga Dongi-dongi.

Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Daerah berusaha untuk menghentikan kegiatan penambangan. Pemerintah memberi himbauan kepada penambang-penambang itu untuk segera menghentikan aktivitas penambangan, serta segera meninggalkan lokasi tambang.

Suyatna sebagai Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL) mengatakan, bahwa proses penambangan dilakukan di kawasan konservasi Sulawesi Tengah. Dia juga mengatakan kepada VoA Dongi-dongi, sistem pengolahan tambang emas Dongi-dongi telah membuat kerusakan hutan seluas 12 – 15 hektar.

Pada saat lokasi pengolahan tambang terbesar di Sulawesi tutup, maka kepala BTNLL akan melakukan restorasi dan reklamasi. Hal ini mendapat dukungan dari pemerintah, sebab proses penambangan sudah merusak hutan dan harus segera bertindak untuk menjaga wilayah konservasi.

Proses penutupan lokasi pengolahan tambang di Sulawesi yang dilakukan pemerintah, sudah menunjukkan indikasi positif, dimana penambang yang berjumlah kurang lebih 20 ribu orang mulai  meninggalkan lokasi penambangan. Selanjutnya pemerintah menugaskan 500 anggota gabungan TNI dan POLRI untuk berjaga di lokasi tambang.

Tindakan tersebut ambil karena di kawasan konservasi terdapat 88 jenis burung, 117 mamalia, 19 amfibi, dan 29 reptil yang mengalami dampak dari penambang. Lokasi ini mendapat perhatian internasional dan menjadi kawasan Cagar Biosfir dari UNESCO.

 Lokasi Tambang Emas Dongi – dongi

lokasi tambang emas dongi - dongi

Dongi-dongi yang ada di Kec. Lore Utara, Kab. Poso menjadi lokasi pengolahan terbesar di Sulawesi yang memiliki hasil yang sangat bagus. Lubang penambangan sedalam 5 – 10 meter dengan sistem pengolahan tambang emas Dongi-dongi secara di dulang memakai alat tradisional.

Berita tersebut sangat cepat menyebar dan membuat banyak penambang luar daerah yang berdatangan, salah satunya warga Minahasa. Hal ini membuat karusakan hutan yang masuk dalam kawasan konservasi.

Jadi pemerintah membuat satuan tugas (SatGas) untuk menghimbau kepada penambang, bahwa mereka harus menghentikan aktivitas di lokasi tambang, bilamana ditemukan aktivitas, maka pelakunya akan di tahan untuk ikut proses pengadilan.

Oleh karena itu, setiap kegiatan penambangan harus memiliki surat izin resmi dari DPRD, meski penambangan dilakukan di tanah sendiri. Tetapi yang pasti, selama penambangan masih dalam lingkungan konservasi, tidak boleh ada aktivitas penambangan.

 

Artikel Terkait :

Related Posts:

Lokasi Tambang Emas Pongkor

Lokasi Tambang Emas Pongkor –  Asal usul tambang emas Pongkor...

Lokasi Tambang Emas Lampung

Lokasi Tambang Emas Lampung – Penghasilan para penambang emas sudah...

Keadaan Lokasi Tambang Emas Samarinda

Lokasi Tambang Emas Samarinda – Kalimantan Barat juga memiliki kekayaan...

Theme Settings