Keadaan Lokasi Tambang Emas Samarinda

Lokasi Tambang Emas Samarinda – Kalimantan Barat juga memiliki kekayaan alam berupa emas yang melimpah. Diantaranya adalah tambang emas Pontianak. Seperti wilayah lain, kegiatan penamsbangan emas di Pontianak juga banyak yang ilegal. Para pendulang tidak memiliki izin resmi dari pemerintah. Walaupun begitu, jumlah pendulang emas ilegal ini terus bertambah. Hal ini dikarenakan banyak yang tergiur dengan pendapatan menjanjikan dari mendulang emas ini.

Beberapa wilayah di Kalimantan Barat menjadi lokasi pendulangan emas. Para pendulang emas yang tersebar semakin banyak. Jumlah mereka terus bertambah meskipun sudah ada sidak dari aparat dan pemerintah setempat. Lalu wilayah mana saja yang menjadi lokasi penambangan emas? Bagaimana cara pengolahan emas disana?

 Lokasi Tambang Emas Samarinda

lokasi tambang emas samarinda

Lokasi tambang emas di Kalimantan Barat terdapat dibeberapa wilayah. Salah satu wilayah di Kalimantan Barat yang cukup banyak memiliki tambang emas adalah Pontianak. Lokasi tambang emas banyak dijumpai di Kabupaten Sintang dan Sambas.

Biasanya para pendulang mencari emas di beberapa aliran sungai. Diantaranya adalah Sungai Sepauk, Kapuas, Kayan, Ketungau, Melawi, Teberau, sungai lain di Sambas serta di Kecamatan Subah. Selain penggalian secara ilegal, adapula yang sudah dilakukan secara legal. Akan tetapi jumlah pendulang emas ilegal jumlahnya lebih banyak.

Sistem pengolahan emas di Pontianak masih banyak yang dilakukan secara tradisional. Para pendulang emas masih menggunakan peralatan sederhana untuk mendapatkannya. Para pendulang emas secara individu mendulang emas. Kemudian mereka membawa hasil pendulangan ke tempat pengolahan yang lebih besar. Untuk pengolahan emas, dilakukan dengan beberapa teknik ekstraksi. Diantaranya adalah grafitasi, amalgamasi, elektrolit, dan lain sebagainya.

Penggalian maupun pendulangan emas secara ilegal memang semakin meresahkan. Para pendulang umumnya tidak memperhatikan dampak penggalian dan pendulangan emas tersebut. Jika penggalian dan pendulangan dilakukan secara terus menerus, dapat merusak lingkungan.

Saat ini kondisi tambang emas Pontianak semakin mengkhawatirkan. Kerusakan lingkungan tersebut akan mendatangkan bencana yang lebih besar. Sebenarnya Pemerintah telah berupaya untuk mencari solusi akan masalah ini. Namun penggalian emas secara ilegal semakin tidak terkendali.

 

Artikel Terkait :

Related Posts:

Lokasi Tambang Emas Dongi-dongi

Lokasi Tambang Emas Dongi – dongi – Awal sejarah tambang...

Lokasi Tambang Emas Lampung

Lokasi Tambang Emas Lampung – Penghasilan para penambang emas sudah...

Asal Usul Tambang Emas Kabupaten Poso

Tambang Emas Kabupaten Poso – Indonesia adalah salah satu negara...

Theme Settings