Asal Usul Tambang Emas Kabupaten Poso

Tambang Emas Kabupaten Poso – Indonesia adalah salah satu negara paling kaya memiliki berbagai sumber daya alam, yang salah satunya adalah penemuan tambang emas terbaru yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah. daerah ini terdapat berbagai kandungan logam emas yang melimpah Seperti halnya tambang emas di daerah Palu dan Poso.

Asal usul tambang emas Sulawesi Tengah dikelola penduduk sekitar, menggunakan alat seadanya. Hingga pada awalnya di daerah ini terdapat 14 perusahaan penambang emas yang dilakukan secara illegal. Namun, semenjak Maret 2016 ke 14 perusahaan tambang emas ilegal tersebut telah resmi ditutup oleh pemerintah.

Tambang Emas Kabupaten Poso

Tambang Emas Kabupaten Poso

Lokasi tambang emas di daerah Sulawesi Tengah juga berada di kota Poboya dan si Poso, Dongi-dongi. Tambang emas di Sulteng berada di pegunungan Poboya. Dengan adanya penambang di daerah tersebut maka kini terjadi pengurangan pengangguran.

Penambangan biasanya akan dilakukan pada kedalaman 25 meter, diambil dari bebatuan para penambang. Batu rep dan jenis batuan lainnya yang diduga mengandung emas. Tambang emas di Poso dan Poboya, menjadi mata pencarian penduduk setempat, sehingga masyarakat sangat bersyukur sekali.

Adapun tambang emas di Lore Utara, Kabupaten Poso, tepatnya di daerah Dongi-dongi berkualitas bagus. Biasanya berada di kedalaman 5-10 meter penggalian, sedangkan untuk pengolahannya dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah cara rendaman seperti berikut ini.

Pengolahan emas sistem rendaman untuk melakukan proses pengolahan emas sistem rendaman melalui tiga tahapan dimana ada percobaan di bak satu atau bahan kimia yang menggunakan NaCn yang dilarutkan ke dalam H2O (air) PH 7 , ditambah costik soda 3 kg (PH 11-12), Ag NO3, Epox Cl H2O2 dilarutkan dengan menjaga PH 11-12.

Sedangkan percobaan pada Bak II atau Bak Lumpur, menggunakan Ore atau bijih emas yang telah dihaluskan dengan mesh 30 ton dalam bak. Selanjutnya, larutan kimia Bak I dipompa dan dimasukkan menuju Bak II guna perendaman lumpur ore 48 jam. Dan masih akan dilanjutkan beberapa tahap berulang hingga berhasil.

 

Artikel Terkait :

Related Posts:

Lokasi Tambang Emas Pongkor

Lokasi Tambang Emas Pongkor –  Asal usul tambang emas Pongkor...

Lokasi Tambang Emas Lampung

Lokasi Tambang Emas Lampung – Penghasilan para penambang emas sudah...

Lokasi Tambang Emas Papua

Lokasi Tambang Emas Papua – Pulau ini terletak di wilayah...

Theme Settings